MAKALAH ILMU
SOSIAL DASAR
“Mengapa
Mata Kuliah ISD Masih Diperlukan Oleh Mahasiswa?”
Nama :
Muhammad Farhan Febrianza
NPM :
54416168
Kelas :
1IA12
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
Latar belakang
Banyaknya kritik yang ditujukan pada
sistem pendidikan kita oleh sejumlah para cendikiawan, terutama sarjana
pendidikan, sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap sistem pendidikan kita
berbau colonial, dan masih merupakan warisan sistem pendidikan Pemerintah
Belanda, yaitu kelanjutan ari politik balas budi yang dianjurkan oleh Conrad
Theodhore van Deventer. Sistem ini bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga
terampil untuk menjadi “tukang-tukang” yang mengisi birokrasi mereka di bidang
administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi
kekayaan Negara. Ternyata sekarang masih dirasakan banyaknya tenaga ahli yang
berpengetahuan keahlian khusus dan mendalam, sehingga wawasannya sempit.
Padahal sumbangan pemikiran dan adanya komunikasi ilmiah antara disiplin ilmu
diperlukan dalam memecahkan berbagai masalah sosial masyarakat yang demikian
kompleks. Hal lain, sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang “elite” bagi
masyarakat kita sendiri, kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, tidak
mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi
seolah-olah menara gading yang banyak menghasilkan sarjana-sarjana “tukang”
tidak mau dan peka terhadap denyut kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan
masyarakat.
Manfaat
Mempelajari ISD
Banyak hal yang bisa diambil dari
mempelajari ilmu social dasar seperti jika dibidang kemahasiswaan meningkatkan
jiwa social kepada sesama makhluk sosial saling membantu dalam saat orang lain
sedang tertimpa musibah Selain itu menjaga kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota
masyarakat, bangsa , dan Negara serta memberi
pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara
interdisipliner/ antar ilmu pengetahuan, sehingga memudahkan mereka
berkomunikasi.
Hal ini merupakan suatu rangkaian
untuk mencapai 3 kemampuan yang diharapkan dari lulusan perguruan tinggi,
yaitu:
- Memiliki kemampuan profesionalisme: nilai, dan sikap yang memungkinkannya berpartisipasi secara aktif dan cerdas dalam proses politik; Memiliki kemampuan, etos kerja, dan disiplin kerja yang memungkinkannya aktif dan produktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ekonomi;
- Memiliki kemampuan akademis: sikap ilmiah untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kemampuan penelitian dan pengembangan;
- Memiliki kemampuan personal: kepribadian yang mantap, berkarakter, dan bermoral, serta berakhlak mulia.
Selanjutnya, untuk mewujudkan semua itu maka perlulah pula ilmu sosial dasar (ISD) sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum (MKDU) . Sistem pendidikan kita menjadi suatu yang elit bagi masyarakat kita sendiri sehingga kurang akrab dengan linkungan masyarakat, serta tidak mengenali dimensi-dimensi lain diluar disiplin ilmunya merupakan suatu sebab yang melatarbelakangi perlunya ISD di dalam pelaksanaan pendidikan kita
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
Pengertian ISD
Ilmu sosial dasar ( ISD ) adalah ilmu
pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang,
khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social.
Ilmu sosial dasar merupakan pengetahuan
yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan
oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta,
konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam
lapangan ilmu-ilmu sosial (geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu
politik, ekonomi psikologi ,sosial,dan sejarah) Intinya ilmu sosial dasar
mengajarkan aspek yang mendasar sebagai makhluk sosial dan berbudaya dan ilmu
dasar kebudayaan untuk mengkaji masalah masalah kebudayaan dan social.
Ruang lingkup pembahasan
Ada 2 masalah yang dipakai sebagai pertimbangan untuk menentukan ruang
lingkup pembahasan mata kuliah ISD.
1. Berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapat ditanggapi
dengan pendekatan sendiri atau pendekatan gabungan antar bidang.
2. Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat.
Berdasarkan ruang lingkup di atas masih perlu penjabaran untuk bisa
dioperasionalkan ke pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Yaitu :
1. Mempelajarai adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat.
3. Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasi.
4. Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.
5. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
6. Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.
Dalam perkembangannya, ISD banyak
berkonsentrasi pada urusan masalah sosial, menurut Soerjono Soekanto masalah
sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau
masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan
antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti
kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
FUNGSI
Fungsi dari ilmu sosial dasar yaitu, memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
gejala-gejala social kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran
mahasiswa dalam menghadapi lingkungan social budaya dapat ditingkatkan sehingga
kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar.
TUJUAN
Ilmu Sosial Dasar membantu
perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian agar memperoleh wawasan yang
lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap, khususnya
berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia
lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap
manusia yang bersangkutan secara timbal balik. Adapun tujuannya yaitu :
· Memahmi dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan
sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat .
· Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap
untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
· Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul
dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya .
· Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu
pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan
masalah sosial
yang timbul dalam masyarakat.
Masalah sosial dan ilmu sosial dasar
Masalah yang dihadapi tidaklah sama, disebabkan karena perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan masyarakat dan keadaan lingkungan alam. Masalah tersebut dapat berupa sosial, politik, moral dll. Yang membedakan masalah ini ada hubungannya dengan nilai moral dan pranata sosial.
1. Menurut masyarakat, segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum adalah masalah sosial.
2. Menurut para ahli, suatu kondisi yang terwujud dalam masyarakat
berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang menimbulkan kekacauan.
Masalah sosial muncul sejak peradaban manusia karena dianggap mengganggu
kesejahteraan hidup. Dan membuat masyarakat untuk mengedintifikasi, menganalisa
cara untuk mengatasinya,
ISD menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan. Dengan menggunakan kacamata obyektif berarti, konsep dan teori yang berhubungan dengan hakikat manusia dan masalahnya telah dikembangkan dalam ilmu sosial dan digunakan. Sedangkan menurut kacamata subyektif masalah yang dibahas akan dikaji menurut perspektif masyarakat yang bersangkutan.
ISD menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan. Dengan menggunakan kacamata obyektif berarti, konsep dan teori yang berhubungan dengan hakikat manusia dan masalahnya telah dikembangkan dalam ilmu sosial dan digunakan. Sedangkan menurut kacamata subyektif masalah yang dibahas akan dikaji menurut perspektif masyarakat yang bersangkutan.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
ISD sangat penting
di pelajari, terutama mahasiswa diharapkan mendapat bekal, dimana dapat lebih
dekat dengan lingkungannya, dan memahami masalah-masalah yang terjadi
dilingkungan, dan mereka dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan
ilmu sosial yang mereka dapat. Dalam hal ini interaksi sosial juga dibutuhkan
untuk mempermudah pendekatan dengan lingkungan.interaksi yang baik akan
menghasilkan hubungan sosial yang baik juga, dan untuk masalah sosial berkaitan
dengan ISD karena ISD sebagai bekal pembelajaran untuk menyelesaikan masalah
sosial, dan menghasilkan seseorang yang memiliki kepribadian yang baik dan
berwawasan luas tentang sosial . Masalah-masalah sosial harus cepat diselesaikan,
sedikitnya mengurangi masalah-masalah tersebut. Dengan adanya tugas ini saya
dapat mengetahui apa itu ISD.
SARAN DAN KRITIK
Dari Makalah yang Berjudul
“Mengapa Mata Kuliah ISD Masih Diperlukan Oleh Mahasiswa. Saya sebagai
Mahasiswa Universitas Gunadarma Merasa Agak Tenang Karena Pendidikan Moral
Serta sosial masih bisa berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku sebab
mungkin ada sebagian Mahasiswa masi belum mengerti tentang Pendidikan Ilmu
Sosial dasar melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab contohnya, merokok
disembarang tempat, perilaku seks bebas atau bahkan sampai mengonsumsi
narkotika. Dengan adanya Mata kuliah ini diharapkan bisa mengurangi atau bahkan
bisa mencegah perilaku Negatif tersebut Serta bisa menambah Perilaku Positif
Untuk para mahasiswa agar melakukan hal-hal yang baik dilingkungan masyarakat,
kampus atau dimana saja dan bisa saja memupuk rasa sosial yang tinggi untuk
menolong sesama saat tertimpa musibah.
DAFTAR PUSTAKA
khoirulikhwan.blogspot.com/.../ilmu-sosial-dasar-sebagai-mkdu
https://pujay29.blogspot.co.id/2015/04/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
mantap!!!!
BalasHapus